MATERI MATEMATIKA WAJIB KELAS X SMA : KONSEP NILAI MUTLAK

Hai Sahabat Elpison. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan tetap semangat beraktivitas, ya.
Pada bab ini, kita akan mempelajari persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak yang sederhana, yaitu persamaan dan pertidaksamaan yang memuat nilai mutlak bentuk linear satu variabel.
MATERI MATEMATIKA WAJIB KELAS X SMA : KONSEP NILAI MUTLAK
MATERI MATEMATIKA WAJIB KELAS X SMA : KONSEP NILAI MUTLAK

Untuk memahami konsep nilai mutlak, mari kita perhatikan ilustrasi berikut.

Cerita Pertama
Pertemuan kepramukaan menjadi salah satu Pertemuan ekstrakulikuler yang diadakan di sekolah. Suatu pasukan pramuka sedang belajar baris berbaris di lapangan sekolah pada hari Jumat. Sebuah perintah dari pemimpin regu, yaitu “Empat langkah ke depan, jalan!”, hal ini berarti jarak pergerakan barisan adalah empat langkah ke depan. Jika perintah pemimpin regu adalah “Tiga langkah ke belakang, jalan!”, hal ini berarti bahwa pasukan akan bergerak ke belakang sejauh tiga langkah. Demikian seterusnya.



Dari cerita pertama, besar pergerakan langkah pasukan tersebut merupakan nilai mutlak yang tidak ditentukan arah. Artinya “empat langkah ke depan” berarti mutlak empat langkah dari posisi diam.

Bagaimana dengan “tiga langkah ke belakang’?
Jadi, yang dilihat adalah nilainya, bukan arahnya.
 

Cerita Kedua
Seorang anak bermain lompat-lompatan di lapangan. Dari posisi si anak melompat ke depan 2 langkah, kemudian 3 langkah ke belakang, dilanjutkan 2 langkah ke depan,, kemudian 1 langkah ke belakang, dan akhirnya 1 langkah lagi ke belakang.

Dari ilustrasi cerita kedua, jika lompatan ke depan didefinisikan searah dengan sumbu  positif dan lompatan ke belakang didefinisikan searah dengan sumbu  negatif, sketsakan cerita tersebut dalam garis bilangan!

Bagaimana pergerakan akhir si anak dari posisi awal?

Berapa banyak langkah yang dijalani si anak?

Secara geometris, nilai mutlak suatu bilangan adalah jarak antara bilangan tersebut dengan nol pada garis bilangan real. Jadi, mungkinkah nilai mutlak suatu bilangan bernilai negatif? Apakah mungkin bernilai nol?

Nilai mutlak dari  x sering juga disebut istilah “nilai absolut” atau “modulus” dari x.



Untuk penjelasan lengkap dari Bapak, silahkan download Modul dan tonton Video Pembelajaran Bab 1 Subbab 1 Konsep Nilai Mutlak Matematika Wajib Kelas X di bawah ini!

3 comments: