MATERI TIK KELAS X BAB 1 SUBBAB 2 : MENGGUNAKAN MOUSE DAN KEYBOARD

Halo Sahabat Elpison.

Apa kabar? Semoga selalu sehat dan tetap semangat belajar.

Salam TIK dari dr. Math,  ‘Smart Students with ICT’.

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar Bab 1 Subbab 2 Menggunakan Mouse & Keyboard, mata pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Kelas X


Menggunakan Mouse

Posisi mouse ditampilkan dalam monitor. Biasanya tampilan mouse ini berupa gambar panah. Dapat pula berbentuk jari tangan dan bentuk-bentuk lainnya.

Saat menggerakkan mouse, panah di monitor akan bergerak pula. Panah itu disebut kursor atau pointer.


Bagian-Bagian Mouse


Mouse memiliki dua buah tombol (ada juga yang lebih dari dua tombol).

Mouse jenis mouse scroll memiliki bagian berbentuk roda yang disebut scroller. Manfaat scroller adalah untuk menggulung layar dari suatu program aplikasi.

Jika melakukan klik pada tombol kiri mouse disebut klik kiri. Jika melakukan klik pada tombol kanan mouse disebut klik kanan. Klik kanan digunakan untuk mempersingkat langkah sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih cepat.


Cara Menggunakan Mouse

1. PEGANG MOUSE, kemudian geser atau gerakkan ke arah yang kita suka. Jika diperhatikan gerakan kursor saat mouse digerakkan, kursos akan selalu mengikuti arah gerakan mouse. Mengarahkan kursor ke arah suatu objek disebut Pointing.

2. GERAKKAN MOUSE hingga berada di tombol Start (Untuk Windows XP) atau Ikon Start (untuk Windows 10). Klikllah tombol kiri mouse tepat saat kursos berada pada tombol Start. Untuk membatalkan perintah, klik tomol kiri pada mouse di bagian ruang desktop yang kosong.

3. GERAKAN MOUSE hingga berada di tombol Start. Tetap letakkan kursos pada tombol. Kliklah tombol kanan mouse itu. Anda akan melihat beberapa pilihan muncul. Pilihlah FILE EXPLORER menggunakan klik kiri dari Start. Kimputer akan masuk ke program Windows File Explorer dengan cara melakukan klik tanda silang di kanan atas tampilan di samping.

4. Klik dapat pula dilakukan dua kali dengan cepat yang disebut Klik Ganda (Double Click). Perhatikan tampilan awal Windows. Pastikan bahwa halaman tersebut terdapat jalan pintas (shortcut), misalnya ikon Mozilla Firefox.  Pada jalan pintas itu, lakukan klik kiri sebanyak dua kali dengan cepat. Layar monitor akan menampilkan wilayah kerja Mozilla Fiefox.

5. Bukalah program aplikasi, misalnya Microsoft Word. Caranya, klik Start, kemudian klik Microsoft Word. Tunggulah hingga komputer menampilkan halaman Microsoft Word. Pada halaman ini putarlah roda pada mouse ke arah bawah dan ke atas. Anda akan mendapati halaman Microsoft Word yang bergerak ke atas dan ke bawah. Cara ini disebut menggunakan penggulung (scroller). 


Menggunakan Keyboard

Keyboard digunakan untuk memasukkan data atau teks. Misalnya ketika menekan tombol A, maka pada layar akan muncul pula huruf a. Jika menekan tombol Shift dan diikuti  dengan menekan tombol A, maka muncullah huruf A di layar.


Keyborad juga dapat digunakan untuk memerintahkan komputer melakukan pekerjaan yang kita inginkan. Misalnya kita menekan tombol bergambar jendela, maka yang kita lakukan adalah memerintahkan komputer mengaktifkan tombol Start.

Untuk lebih lengkapnya, download materi dan tonton youtube di bawah ini. Dilengkapi gambar dan penjelasan lebih rinci.

Modul Materi TIK Kelas X Bab 1 Subbab 2 : Menggunakan Mouse dan Keyboard

Video Materi TIK Kelas X Bab 1 Subbab 2 : Menggunakan Mouse dan Keyboard


Untuk membaca dan menonton materi Bab 1 Subbab 1 : Mengaktifkan Komputer, silahkan klik :

MATERI TIK KELAS X BAB 1 SUBBAB 1 : MENGAKTIFKAN KOMPUTER


Soal Latihan :

Tuliskan informasi tentang :

1. Perbedaan Keyboard Gulung (Foldable Keyboard) dan Keyboard Virtual

2. Mouse Multimedia dan bagian-bagiannya secara lengkap.

Kerjakan di buku latihanmu! Selamat mengerjakan!

1 comment: